Rabu, 21 April 2010

Kartini dan Kartini Modern

Mengingat hari ini adalah hari dimana kita mengenang perjuangan salah satu tokoh di Indonesia yang berjasa dalam hal Emansipasi Wanita, yakni RA. Kartini, marilah bersama-sama kita menyambutnya dengan penuh kesadaran dan mawas diri ( Ya iyalah kita harus sadar, kalau gak sadar mana bisa kita main komputer, apalagi nge-buka blog orang…!!). Ini dia……

[SEJARAH R.A KARTINI] R.A Kartini yang dilahirkan dengan menyadang gelar Ningrat Jawa semenjak beliau kecil, mulai belajar pada sekolah ELS (Europese Lagere School) yang sederajat dengan SD, sudah fasih dalam melafalkan bahasa Belanda. Dimana bahasa itu tidaklah asing ketika penjajah Belanda yang sudah 350 tahun menjajah Negara kita.

Dengan mengandalkan kemahiran dalam berbahasanya itulah, beliau mulai menulis surat kepada beberapa sahabat penanya di benua bersalju tersebut (Eropa), khususnya di negeri Belanda.

Dengan surat itulah, beliau menuliskan berbagai macam rasa hatinya, termasuk kendalanya dalam memajukan kaum perempuan pribumi yang pada saat itu hanya terkurung dalam dinding-dinding rumah yang pada suatu saat menunggu keputusan orang tua untuk dipingitkan denga orang yang dipilihkan orang kedua orang tuanya. Serta kedudukan kaum perempuan yang rendah dan terhalang oleh adat-adat istiadat setempat.

Hal tersebutlah, yang membuat R.A Kartini berniat untuk menuntutu ilmu di negeri yang dingin tersebut (Belanda). Namun cita-citanya terhalang dengan perintah orang tuanya yang sudah menjodohkannya dengan seorang Bupati setempat. Dan oleh sebab itulah cita-citanya kandas ditengah jalan.

Namun, dengan pernikahannya itulah, beliau malah dapat mengembangkan salah satu cita-citanya yang telah kandas dengan dukungan sang suami yang sangat berperan penting, yakni memperbolehkan beliau membuat bukunya sendiri. Hal itulah yang membuatnya semangat, dan berkat kerja kerasnyanlah, beliau dapat mendirikan sekolah pendidikan yang diperuntukkan bagi wanita pribumi yang ingin menuntut ilmu guna mencerdaskan mereka.

Dengan membaca sekilas tentang kehidupan sekaligus sejarah singkat tersebut, kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa perjuangan dalam memperolah sebuah keadilan dan pengangkatan kembali derajat yang sudah tertindas memang sangatlah susah. Namu dengan adanya semangat dan kerja keras yang tinggilah dan tak lupa memohon bantuan dari tuhan yang maha kuasa kita semua dapat mewujudkannya. Apapun itu…

[FAKTANYA] Memang pada zaman yang sudah berkembang dengan pesat seperti ini sudah banyak wanita yang mulai malakukan banyak sekali perubahan, mulai dari perubahan yang kecil, seperti memilih mode pakaian yang disukainya sampai yang tinggi sekalipun, yakni mulai banyak wanita yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat bahkan yang sudah menjadi pemimpin sekaligus.

[CONTOHNYA] Namun perlu kita ketahui bahwa tak semua hak dalam kehidupan manusia ini dapat dipersamakan, mulai dari yang biasa sampai yang luar biasa, misalnya: perbedaan fisik, contohnya: pakaian lelaki yang memang sudah biasa agak terbuka pada bagian tertentu, masa wanita juga ikut-ikutan…???

Hal tersebut adalah salah satu dosa menurut agama, karena telah memperlihatkan auratnya yang dilarang untuk dipertontonkan kepada khalayak umum. Hal tersebut kan malah mencari gara-gara sendiri, toh agama sudah memberikan sebuah larangan yang menjauhkan para wanita yang memakain pakaian tertutup (layak dipandang) dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Bisa-bisa kalau ada sebuah tindakan [maaf], pemerkosaan yang dipersalahkan adalah sang pelaku. Memang benar kalau keduanya bersalah, tapi dengan para wanita memakai pakaian yang serba kekurangan dapat mengundang nafsu syahwat lelaki yang sangat sukar untuk dikendalikan bagi beberapa orang. Benar kan..!!!

Itu hanyalah sebuah contoh kecil saja dar kesalahpahaman seseorang dalam memaknai sebuah persamaan. Oleh karena itulah kita harus lebih selektif lagi dalam memasukkan sebuah kebudayaan baru yang pada awalnya asing bagi kita. Buat kita kok coba-coba…. He..he..he..

[WANITA INDONESIA] Tapi dampak dari perjuangan R.A Kartini tersebut memang sangatlah besar bagi kemajuan bangsa Indonesia ini. Sudah banyak wanita Indonesia yang telah banyak memberikan kebanggan bagi Indonesia ini, dan dalam berbagai macam bidang. Misalnya saja dari segi budaya, khususnya Musik, yakni diantaranya : Ruth Sahanaya, Agnes Monica, dsb. Perfileman diantaranya: Film anak bangsa, Laskar Pelangi, dsb. (Maaf Napi kurang tahu..???).

Dengan begitu, bagaimanakah dengan Anda (baik yang laki-laki maupun wanita), apakah yang bisa membuat bangsa ini bangga dengan Anda…….????????? Kerja keras dan berdoa kepada tuhan yang maha kuasalah kunci dari pertanyaan tersebut. Always Be Yourself….

0 komentar:

Posting Komentar