Rabu, 05 Mei 2010

Tips Mengendalikan Rasa Marah

Pada saat kita marah sebenarnya tindakan dan ucapan kita di luar kontrol akal sehat. Sering kita melihat orang marah yang memecahkan batrang-barang berharga, padahal barang yang dipecahkan itu barang kesayangannya yang harganya mahal, memukul anak yang disayanginya, memaki-maki orang disekitar kita dengan kata-kata kotor yang seharusnya tidak pantas keluar dari mulut kita. Karena tindakan dan ucapan yang kita keluarkan ketika kita marah itu lepas kontrol, maka kita tidak berpikir kalau kata-kata kotor yang kita keluarkan bisa menyakiti orang lain, dan dapat menyebabkan seseorang dendam kepada kita. Oleh karena itu kita seharusnya sebisa mungkin mengendalikan rasa marah. Berikut ini ada beberapa kiat yang mungkin sangat berguna untuk mengurangi dan menahan rasa marah.
1.Saat kita sedang jengkel dan ingin marah cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan perlahan-lahan. Tarik nafas lagi dan hembuskan rasa sesak di dada agak berkurang.
2.Coba alihkan perhatian kita pada hal-hal yang kita sukai., cobalah bersenandung kecil atau putarlah lagu-lagu kesukaan. Jika suka membaca segeralah membuka buku bacaan yang menarik.
3.Kenangan indah masa lalu biasanya mampu meredakan rasa marah. Coba kita membuka album foto, alangkah bahagianya jika kita bisa menikmati kehangatan cinta masa lalu, bahagianya saat si kecil lahir, dan segala sesuatu yang merupakan kenangan indah yang terekam dalam album kenangan.
4.Jika kita masih juga marah, segera lakukan sedikit gerakan olah raga seperti sit-up dan lompat-lompat kecil. Jika rasa jengkel belum terlampiaskan, tinjulah bantal atau guling kuat-kuat.
5.Ambillah alat tulis kemudian curahkan segala kejengkelan dibuku. Kita boleh memaki-maki atau apa saja dan kepada siapa saja dengan tulisan dibuku itu sampai hati kita puas. Namun ingat tulisan itu harus segera dibakar setelah hilang rasa marah agar tidak diketahui yang bersangkutan.
6.Berbicaralah lepada siapa saja yang dapat dipercaya dan enak diajak ngobrol dengan santai dan diselingi humor yang segar untuk melupakan rasa jengkel. Kalau perlu buat kencan untuk keluar rumah, jalan-jalan menghilangkan rasa marah.
7.Berbaringlah di lantai sejenak kemudian segarkan tubuh dengan mandi. Setelah itu siap-siaplah menghirup udara segar dan keluar untuk berjalan-jalan dengan teman dekat atau pacar
semoga bermanfaat ...:)

0 komentar:

Posting Komentar